Connect with us

Kuliner

Lontong Sayur – Kue Beras dengan Rebusan Sayuran dalam Santan

Published

on

Banyak masakan Indonesia yang dibuat untuk dikonsumsi dengan ketupat atau lontong (alias kue beras) dan lontong sayur mungkin salah satu yang paling populer. Lontong sayur merupakan hidangan yang cukup serbaguna, ada yang menganggapnya sebagai menu sarapan, ada pula yang menganggap snack, hidangan utama, bahkan muncul di acara-acara meriah seperti resepsi pernikahan. Ini juga merupakan hidangan yang sangat mudah dibuat dalam jumlah besar, karena rasanya enak bahkan setelah beberapa hari di lemari es. Bagi mereka yang sibuk dan tidak bisa memasak setiap hari, menyimpan ini di lemari es bersama dengan ketupat buatan sendiri akan memastikan makanan tetap enak di saat kamu malas memasak.

Bahan Lontong Sayur

  • 3 sendok makan minyak
  • 2 lembar daun salam
  • 500 gram daging sapi, pilih potongan untuk rebusan, potong-potong kecil
  • Labu siam, kupas, buang bijinya, dan iris
  • 500 gram kacang panjang, potong 1 inci perbagian
  • 20 petai, (opsional)
  • 2 liter santan encer (atau gunakan 7 gelas air + 1 kaleng santan)
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 2 sendok makan kelapa gula jawa, tambahkan garam secukupnya

Giling yang berikut ini menjadi bumbu :

  • 100 gram bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 30 gram udang kering atau (ebi), direndam dalam air mendidih untuk melarutkan
  • 2 inci lengkuas
  • Sajikan dengan
  • kue beras Indonesia (ketupat / lontong)

Instruksi

  • Panaskan minyak dalam panci dan tumis rempah-rempah kemudian masukan daun salam hingga harum.
  • Tambahkan daging sapi dan masak hingga tidak berwarna merah muda lagi.
  • Tambahkan labu siam, kacang panjang, dan petai. Masak hingga sayuran mulai layu.
  • Tambahkan santan, kecap ikan, dan gula aren. Didihkan. Kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Anda bisa     menambahkan lebih banyak air mendidih jika cairannya berkurang, usahakan agar cairannya tetap 2 liter.
  • Tambahkan gula aren dan garam sesuai selera Anda. Matikan panas. Pindahkan ke mangkuk saji, dan sajikan dengan kue beras (bahasa Indonesia: ketupat / lontong).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner

Cara Membuat Frittata Bayam Keju Dengan Mudah

Published

on

By

Cara Membuat Frittata Bayam Keju Dengan Mudah

Cara Membuat Frittata Bayam Keju Dengan Mudah – Baik Anda sedang mencari hidangan brunch yang mudah dinikmati banyak orang atau makan malam di hari kerja yang tidak memerlukan perjalanan ke toko, frittata selalu menjadi jawabannya. Hidangan telur Italia sederhana dan serbaguna, dan tidak akan pernah mengecewakan Anda.

Meskipun tergoda untuk mengisi frittata dengan berbagai macam barang, menjaga semuanya tetap sederhana memungkinkan setiap bahan bersinar. Di sini, bayam adalah bintangnya. Rasa ringannya didukung oleh bawang merah manis, cheddar tajam, dan Parmesan pedas. Keju meleleh dan bercampur dengan telur, memberikan hidangan ini jumlah dekadensi yang tepat.

Mempersiapkan Bayam

Resep ini membutuhkan 5 ons kulit kerang atau sekantong bayam bayi. Itu mungkin tampak terlalu banyak untuk satu frittata, tapi percayalah: Setelah bayam layu, Anda akan mendapatkan jumlah yang sempurna. Saat Anda memasak bayam, tambahkan ke wajan segenggam demi satu agar daunnya tidak berdesakan di wajan. Ini akan memberikan ruang bagi air yang dikeluarkan oleh bayam untuk menguap, yang akan mencegah frittata yang basah.

Anda dapat dengan mudah menukar bayam beku, jika Anda mau. Lelehkan 7 ons, lalu tiriskan dan tekan dengan baik untuk mengeluarkan cairan sebanyak mungkin. Tambahkan ke wajan setelah bawang merah melunak dan masak sebentar sebelum menuangkan campuran telur.

Memasak Frittata

Setelah Anda menumis bawang merah dan melayukan bayam di wajan di atas kompor, Anda akan menuangkan campuran telur kocok, susu, dan cheddar parut. Jangan tergoda untuk mengaduk semuanya; membiarkan telur masak tanpa gangguan memberi mereka kesempatan untuk mengatur tepinya. Kemudian, Anda akan memindahkan wajan ke oven untuk menyelesaikan pemanggangan, yang memungkinkan bagian tengah frittata juga mengeras.

Baca Juga: Apa Itu Kue Pound Grandbaby Krim Keju

Menyajikan Frittata Bayam Anda

Hal hebat lainnya tentang frittatas adalah Anda dapat menyajikannya pada suhu berapa pun kapan saja sepanjang hari. Frittata cheesy ini sangat enak disajikan hangat, atau Anda juga bisa melakukan seperti yang dilakukan orang Italia dan menyajikannya pada suhu kamar atau bahkan dingin. Jika Anda menyajikan frittata untuk makanan siang, pasangkan dengan salad buah dan focaccia. Untuk makan malam, cobalah kentang panggang atau bahkan orzo mentega sederhana di sampingnya. Ini juga merupakan pesaing yang bagus untuk persiapan makan – simpan irisan di lemari es untuk sarapan, makan siang, dan/atau makan malam yang mudah sepanjang minggu.

Continue Reading

Kuliner

Apa Itu Kue Pound Grandbaby Krim Keju

Published

on

By

Apa Itu Kue Pound Grandbaby Krim Keju

Apa Itu Kue Pound Grandbaby Krim Keju? Sekarang jangan salah paham, rasa kue ini benar-benar tak tertahankan. Ini mentega dan sekaligus padat dan ringan dengan cara yang sepertinya tidak mungkin. Ini adalah oxymoron kue dengan tekstur yang tak terlukiskan.

Jangan menunda ide tentang krim keju juga; itu tidak menambahkan rasa keju yang tidak menarik. Sebaliknya, keju krim menciptakan tekstur yang halus dan sedikit bau yang akan membuat Anda menampar bibir Anda.

Ulasan Jujur Saya tentang Kue Pound Grandbaby

Dengan resep yang begitu terperinci, firasat saya adalah kue pon ini akan menonjol, dan saya benar. Ini adalah kue pon yang benar-benar indah. Setiap langkah datang bersamaan dengan waktu yang tepat yang disebutkan dalam resep, dan kue pon terakhir persis seperti yang dijanjikan Jocelyn. Itu muncul dari oven dengan eksterior emas yang paling indah, dan mengoles mentega dengan minyak dan keju krim yang dibuat untuk remah yang lembut dan super lembab. Meskipun Anda tidak bisa mencicipi keju krim, saya pikir itu bagian dari apa yang membuat kue ini begitu enak.

Kue pon ini terasa ringan dan lapang dan enak dimakan sendiri, tetapi juga terasa cukup kuat untuk dipanggang (jika Anda menyukai hal semacam itu), atau untuk digunakan dalam hal sepele. Saya belum pernah membuat salah satu resep Jocelyn sebelumnya, tetapi setelah seberapa baik kue ini keluar, saya resmi menjadi penggemar Grandbaby Cakes.

Baca Juga: Cara Menyajikan Ikan Todak Panggang

Jika Anda Membuat Kue Pound Kue Grandbaby, Beberapa Tips

Gunakan panci Bundt 12 cangkir. Resep ini menghasilkan banyak adonan, jadi pastikan Anda menggunakan loyang Bundt 12 cangkir seperti yang tertulis di resep. Bersiaplah untuk memiliki kue pon yang cukup untuk memberi makan orang banyak!

Baca posting blog lengkapnya: Jocelyn meluangkan waktu untuk menjelaskan mengapa dia memilih setiap bahan makanan (dan jumlah), dan mengapa segala sesuatunya dilakukan dalam urutan tertentu. Saya membaca posting blog lengkap dan menonton video dan kue keluar dengan sempurna. Jika Anda melakukan hal yang sama, tidak ada alasan kue Anda tidak menjadi home run juga!

Continue Reading

Kuliner

Cara Menyajikan Ikan Todak Panggang

Published

on

By

Cara Menyajikan Ikan Todak Panggang

Cara Menyajikan Ikan Todak Panggang – Ikan todak panggang cocok dengan salad hijau sederhana dan beberapa roti kering, atau dengan pilaf nasi dan labu musim panas panggang. Atau Anda bisa menggunakan cara favorit saya untuk makan ikan todak di musim panas: dengan salad orzo Mediterania ini dan segelas rosé dingin.

Instruksi

Panaskan panggangan. Panaskan panggangan luar ruangan untuk panas sedang-tinggi langsung, sekitar 400ºF. Sementara itu, siapkan saus dan bumbui ikan todak.

Siapkan sausnya. Siapkan yang berikut ini, tambahkan semuanya ke mangkuk kecil: Parut halus kulit 1 lemon sedang, lalu parut 1 siung bawang putih. Jus lemon sampai Anda memiliki 2 sendok makan jus. Cincang halus sampai Anda memiliki 2 sendok makan daun mint segar dan 2 sendok makan daun peterseli segar. Tambahkan 1/3 cangkir minyak zaitun, 1/2 sendok teh garam halal, dan 1/4 sendok teh serpihan paprika merah jika diinginkan, dan aduk hingga tercampur.

Bumbui ikan todak. Pat 4 steak ikan todak kering dengan handuk kertas, lalu letakkan di piring besar. Pindahkan 2 sendok makan saus ke dalam mangkuk kecil dan olesi steak ikan todak di kedua sisinya dengan saus. Cadangan sisa saus untuk disajikan. Bumbui seluruh ikan todak dengan sisa 3/4 sendok teh garam halal.

Panggang ikan todak. Kikis kisi-kisi panggangan hingga bersih jika perlu. Olesi kisi panggangan dengan handuk kertas yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Tempatkan ikan todak di atas panggangan, tutup, dan masak sampai tanda panggangan muncul di bagian bawah dan ikan terlepas dengan mudah dari panggangan, sekitar 5 menit. Jika lengket, masak satu atau dua menit lebih lama dan coba lagi.

Balikkan ikan todak. Balik ikan, tutup, dan lanjutkan memanggang sampai kematangan yang diinginkan, 2 hingga 4 menit lagi. Suhu internal ikan todak harus 130°F untuk medium, 135°F untuk medium-well, atau 140ºF untuk well-done.

Istirahat dan sajikan ikan todak. Pindahkan ikan todak ke piring bersih dan diamkan selama 2 hingga 3 menit. Sajikan dengan sisa saus yang disendok di atasnya.

Baca Juga: Resep Sayap Ayam BBQ Gaya Kansas City

Mengapa Ikan Pedang Membutuhkan Saus

Rasa ikan todak yang ringan membuatnya cocok untuk mereka yang tidak menyukai ikan amis, tetapi itu juga berarti perlu bumbu dan saus untuk menambah rasanya. Untuk saus zesty, mudah, tanpa masak, saya suka menggabungkan kulit lemon, jus lemon, mint segar dan peterseli, bawang putih, beberapa serpihan paprika merah untuk sedikit panas, dan minyak zaitun. Oleskan sedikit saus ini ke ikan todak sebelum diasinkan dan dipanggang, lalu sajikan sisanya di meja, di mana saya sarankan Anda menyeret setiap gigitan makanan laut ini ke dalamnya.

Continue Reading

Trending