Connect with us

How to ?

Cara Gampang Mengurus Surat Nikah di KUA

Nikah adalah impian setiap orang yang di nanti-nantikan, termasuk kamu yang membaca artikel ini, nah untuk kamu yang ingin menikah jangan lupa untuk mengurus administrasi seperti tertera pada artikel dibawah ini ya!

Published

on

Cara Gampang Mengurus Surat Nikah di KUA

Setiap orang pasti ingin mendambakan pernikahan sesuai dengan impiannya. Minimal, pernikahan itu bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Banyak sepasang kekasih menyatakan bahwa mereka ingin menjalani pernikahan dengan budget rendah, namun tetap istimewa. Semuanya tergantung dari kamu dan pasangan kamu, bagaimana membuat pernikahan yang sederhana tapi terlihat mewah.

Namun ada yang perlu kamu perhatikan lagi sebelum kamu menikah yaitu tentang pengurusan buku nikah atau surat nikah dan juga serta akta nikah. Semua itu tidaklah sesulit kamu perkiran kok!

Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Gampang Mengurus Surat Nikah di KUA dan Catatan Sipil

1. Cara Mengurus Surat Nikah di KUA

Sama dengan hal nya mengurus berkas lainnya yang penting, untuk mengurus surat nikah juga membutuhkan persyaratan serta dokumen untuk melengkapi prosesnya.

I. Persyaratan Umum untuk Mendaftarkan Pernikahan di KUA

Dokumen umum yang wajib kamu siapkan baik sebelum ataupun ketika kamu akan mendaftarkan pernikahan di KUA yaitu sebagai berikut:

  • Mengisi formulir yang diurus di Kelurahan setempat.
  1. Surat Pengantar Perkawinan (Formulir N1), unduh di sini.
  2. Surat Permohonan Kehendak Perkawinan (Formulir N2), unduh di sini.
  3. Surat Persetujuan Mempelai (Formulir N3), unduh di sini.
  4. Surat Izin Orang Tua (Formulir N4), unduh di sini.
  5. Surat Keterangan Kematian Suami/Istri (Formulir N6), khusus bagi janda/duda yang akan menikah. Unduh di sini.
  • Surat Rekomendasi Perkawinan (Formulir N7) yang dibuat oleh pihak KUA, lihat contohnya di sini.
  • Surat keterangan sebagai bukti sudah melakukan imunisasi TT (Tetanus Toksoid) dari puskesmas atau rumah sakit, bagi calon istri.
      • Sebagai informasi, vaksin TT ini dilakukan selama 5 kali ketika pra-nikah hingga pasca-nikah.
  • Surat izin dari pengadilan apabila tidak ada izin dari orangtua/wali.
  • Surat izin dari pengadilan bagi suami yang hendak beristri lebih dari 1 orang.
  • Pas foto ukuran 3×2 sebanyak 3 lembar.
  • Surat izin dari atasan masing-masing, jika kamu adalah anggota TNI/POLRI.
  • Dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang berusia kurang dari 19 tahun dan bagi calon isteri yang berusia kurang dari 16 tahun.
  • Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak/cerai, bagi mereka yang perceraiannya terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 7 tahun 1989.
  • Membayar biaya pencatatan nikah sebesar Rp30.000.

II. Dokumen yang Harus Dilampirkan untuk Mengurus Surat Nikah

Apabila kamu dan pasangan mu, masing-masing telah menyiapkan persyaratan di atas, lalu kamu bisa langsung memproses pengurusan surat nikah ke KUA berdasarkan prosedur seperti yang tertera di bawah ini.

Oya, jangan sampai lupa untuk melampirkan dokumen tambahannya ya!

a. Bagi Calon Suami

  • PROSEDUR:
  1. Membawa Surat Pengantar RT/RW ke kelurahan untuk mendapatkan isian formulir N1, N2, N3, dan N4.
  2. Datang ke KUA untuk mendapatkan Surat Rekomendasi Perkawinan (N7), jika calon istri beralamat lain daerah/kecamatan).
  3. Serahkan berkas ke pihak calon istri, jika calon istri beralamat sama (se-daerah) dengan kamu.
  • LAMPIRAN:
  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).
  3. Pas foto 3×4 berlatar belakang biru sebanyak 2 lembar, jika calon istri luar daerah.
  4. Pas foto 2×3 berlatar belakang biru sebanyak 5 lembar, jika calon istri sedaerah.

b. Prosedur Bagi Calon Istri

  • PROSEDUR:
  1. Membawa Surat Pengantar RT/RW ke kelurahan untuk mendapatkan isian formulir N1, N2, N3, dan N4.
  2. Datang ke KUA untuk mendaftar nikah dan melakukan pemeriksaan administrasi (bersama wali dan calon suami).
  3. Calon suami dan calon istri mendapat Penasihatan Perkawinan dari BP4 sebelum pelaksanaan nikah.
  • LAMPIRAN:
  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).
  3. Pas foto 2×3 berlatar belakang biru sebanyak 5 lembar.
  4. Fotokopi kartu imunisasi TT (Tetanus Toksoid).
  5. Surat Keterangan Kematian ayah, apabila ayah (sebagai wali) sudah meninggal dunia.
  6. Surat Keterangan wali, jika tempat tinggal wali tidak se-daerah.

Calon pasangan yang ingin menikah wajib melampirkan berkas yang memiliki kondisional, coba lihat persyaratan umum pada poin sebelumnya apabila dirasa kurang jelas.

III. Biaya Nikah

Mungkin, masih banyak dari kalian yang bingung, apakah ada biaya yang harus dikeluarkan untuk menikah selain dari biaya resepsi?

Nah, berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 48 Tahun 2014 Tentang Tarif atas Jenis PNPB yang berlaku pada Departemen Agama (Nikah/Rujuk) dilaksanakan di:

  • Kantor Urusan Agama (KUA) – pada hari kerja dan jam kerja = Rp0 (gratis)
  • Luar Kantor Urusan Agama (KUA) – di luar hari kerja dan jam kerja = Rp600.000

Dengan kata lain, jika saat akad nikah kamu memanggil penghulu untuk datang ke lokasi pernikahan, kamu akan dikenakan biaya administrasi tambahan sebesar Rp600.000 dan juga transport (kecuali dijemput).

Sedangkan jika kamu melakukan akad pernikahan secara langsung di KUA, kamu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun (alias gratis).

IV. Alur Pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA)

Berikut ini adalah alur pernikahan yang harus kamu lewati ketika melangsungkan pernikahan.

  • Mendatangi RT/RW setempat untuk mengurus Surat Pengantar ke kelurahan/desa.
  • Mendatangi kelurahan/desa untuk mengurus Surat Pengantar Nikah ke KUA.
  • Jika pernikahan dilangsungkan kurang dari 10 hari dari waktu pendaftaran, harus meminta keterangan dispensasi dari kecamatan.
  • Melaksanakan akad nikah sesuai dengan tempat dan waktu yang telah disepakati sebelumnya:
  1. Membayar biaya akad nikah jika dilakukan di luar KUA, lalu serahkan bukti pembayaran ke KUA.
  2. Mendatangi KUA langsung jika akad nikah dilakukan di KUA, sekaligus memeriksa surat-surat dan data calon pengantin beserta wali nikah.
  • Melunasi biaya pernikahan jika menikah di luar jam kerja.
  • Mengecek keaslian buku nikah.

Nah dari artikel diatas apakah kamu berminat untuk menikah tahun ini? jangan lupa untuk mengurusnya seperti yang kami bahas diatas ya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How to ?

Cara Memasak Daging Kalkun Yang Enak Di Rumah .

Burung kalkun juga termasuk makanan yang sering di masak di berbagai acara, anda ingin membuat dirumah kami akan membagikan cara penyajiannya

Published

on

By

Cara Memasak Daging Kalkun Yang Enak Di Rumah .

Jadi Anda sudah memasak kalkun Bagian tersulit dalam mencari tahu cara terbaik untuk memasaknya sudah selesai Anda telah mengasinkan atau spatchcoked, panggang atau digoreng, hanya satu masalah Bagaimana cara menyajikannya agar terlihat bagus?

Memotong burung sebesar kalkun mungkin tampak menakutkan, tetapi sebenarnya hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Jika Anda tahu cara mengukir unggas lain, seperti ayam atau bebek, prinsip yang sama berlaku, lebih dari itu.

Memasak Daging Kalkun

Cara Memasak Daging Kalkun Yang Enak Di Rumah .

Sama seperti steak, kalkun perlu istirahat saat keluar dari oven (atau pengasap, atau penggorengan). Jika Anda langsung mengukir kalkun, cairan dari dagingnya akan tumpah ke talenan dan semua pekerjaan yang Anda lakukan dengan benar memasak kalkun agar dagingnya tetap empuk dan berair akan sia-sia. Beri kalkun setidaknya 30 menit sebelum Anda mengukirnya agar kalkun menyerap kembali jus yang baik dan menyelesaikan pemakaiannya.

Pilih Pisau dan Papan Pemotong yang Tepat untuk Memotong

Berikutnya Anda akan ingin mengatur stasiun kerja Anda. Talenan yang kokoh itu penting. Pilih satu yang cukup besar untuk menampung burung, dan yang lebih disukai memiliki palung untuk semua cairan yang lolos untuk mencegah papan menjadi licin. Kemudian, pilih pisau ukir Anda. Pilih pisau yang tipis dan fleksibel jika Anda memilikinya. Semakin dekat Anda dengan tulang kalkun, semakin berharga daging yang bisa Anda ekstrak. Anda pada dasarnya akan menggunakan pisau Anda untuk menjiplak di sekitar bangkai dan membuang daging menjadi potongan-potongan besar, jadi pisau tipis akan membantu. Jika Anda tidak memilikinya, gunakan pisau koki standar.

Pegang stik drum dengan tangan nondominan Anda. Dengan pisau di tangan Anda yang lain, potong kulit yang menempelkan kaki ke payudara. Dorong kaki ke belakang untuk memperlihatkan sendi yang menghubungkan kaki dengan sisa kalkun. Jangan takut untuk mendorong sedikit hingga Anda dapat melihat bola dan soket dengan jelas. Kemudian ambil ujung pisau Anda untuk memotong tulang rawan yang menghubungkan sendi dan membebaskan potongan kaki. Jika Anda mengenai tulang, jangan khawatir — goyangkan pisau Anda dengan lembut sampai potongannya keluar. Lakukan ini dengan kedua kaki.

Pisahkan Paha dan Bagian Kalkun Lainnya

Kaki yang baru saja Anda keluarkan dari kalkun akan menjadi paha dan stik drum bersama-sama. Langkah Anda selanjutnya adalah memisahkan mereka. Temukan sambungan yang menghubungkan keduanya dan potong lagi dengan pisau Anda. Paling mudah melakukan ini di “bagian bawah” kaki — Anda biasanya dapat melihat garis tipis lemak yang memisahkan potongan paha dan paha. Potong saja di sepanjang garis itu. Jangan takut menggunakan jari untuk mencari tahu di mana sebelum Anda menggunakan pisau juga.

Jika Anda belum pernah melepaskan wishbone kalkun, lakukan sekarang — ini akan membuat payudara lebih mudah diukir. Anda bisa menemukannya di ujung depan bangkai. Kaitkan jari Anda ke dalamnya dan cungkil dengan hati-hati. Kemudian gunakan garpu ukiran atau penjepit untuk menstabilkan burung. Posisikan pisau ke satu sisi tulang dada dan iris ke bawah, lakukan yang terbaik untuk menelusuri sekitar tulang rusuk sampai satu setengah bagian payudara terlepas dari tulang. Ulangi di sisi lain.

Setelah daging dada dikeluarkan dari kalkun, Anda dapat mengukir dada menjadi beberapa bagian untuk disajikan. Iris payudara menjadi beberapa bagian, setebal atau setipis yang Anda suka. Jika Anda memiliki sayap yang harus ditangani, sekaranglah waktunya untuk mengirisnya juga. Untuk melepaskannya dari dada, cari sambungannya, seperti yang Anda lakukan dengan stik drum, dan goyangkan lagi pisau Anda sampai Anda dapat mengiris dan memisahkan potongannya. Lakukan ini untuk kedua sisi.

Sekarang Anda tahu cara menyajikan kalkun. Dan jangan lupa berpegangan pada tulang-tulang itu. Mereka membuat kaldu kalkun yang sangat baik.

Baca Juga Artikel Yang Menarik Yaitu Destinasi Wisata Luar Biasa Di Samoa Yang Harus Anda Kunjungi

Continue Reading

How to ?

Resep Membuat Kari Ayam Dengan Mudah 

Published

on

By

Resep Membuat Kari Ayam Dengan Mudah 

Resep membuat kari ayam Cepat dan mudah ini lembut, penuh rasa dan membutuhkan waktu kurang dari setengah jam! Setiap porsi menyediakan 232 kkal, 25g protein, 6.5g karbohidrat (4g gula), 11g lemak (3g jenuh), 3g serat dan 0.6g garam.

Bahan Kari Ayam

Resep Membuat Kari Ayam Dengan Mudah 

  • 6 daun bawang
  • 3 bawang putih siung
  • 2 sdm minyak sayur
  • setengah 400g kaleng tomat cincang
  • 2 sdm bubuk kari
  • 1 sdt jahe bubuk
  • 400g / 14oz tanpa kulit tanpa tulang paha ayam, potong menjadi 2,5cm / 1in potongan
  • 100ml / 3½fl ozalami gaya Yunani yogurt, ditambah ekstra untuk menghidangkan
  • garam dan merica

Untuk menyajikan

  • 200 g / 7 ons bulir panjang nasi

Cara Membuat Kari Ayam

  • Iris tipis daun bawang, sisakan segenggam bagian hijau yang diiris untuk hiasan. Kupas dan potong bawang putih. Panaskan minyak dalam panci besar dengan api sedang dan masak daun bawang dan bawang putih selama beberapa menit. Tambahkan tomat, bubuk kari dan jahe bubuk, masak selama 3-4 menit. Jika wajan mengering, tambahkan sedikit air dan pastikan bumbu tidak gosong.
  • Tambahkan ayam dan masak selama 5 menit. Pastikan semua ayam berlapis dan bagian sisinya mulai berwarna coklat.
  • Tambahkan 250ml / 9fl oz air dan didihkan. Kecilkan menjadi api sedang ke rendah dan masak selama 10-15 menit, atau sampai ayam matang tanpa ada tanda-tanda cairan merah muda di tengah-tengah potongan.
  • Saat ayam dimasak, siapkan nasi. Tuang nasi ke dalam panci dan bilas dengan air keran dingin untuk menghilangkan pati yang keruh. Tiriskan air keruh. Tambahkan air bersih untuk menanak nasi. Anda membutuhkan air dua kali lebih banyak dari beras. (Jika Anda menggunakan satu cangkir beras, tambahkan kurang dari dua cangkir air). Didihkan lalu kecilkan api hingga api kecil. Tutup dengan penutup dan masak dengan sangat lembut selama 10 menit. Angkat dari api dan diamkan dengan tutupnya selama 10 menit. Ini akan menyelesaikan memasak nasi. Penting untuk tetap menutup tutupnya, agar tidak ada uap yang keluar.
  • Angkat kari dari api, aduk yogurt lalu bumbui dengan garam dan merica. Sajikan kari dengan nasi dan hiasi dengan sedikit yoghurt.

Tip Resep

Rahasia nasi adalah membiarkannya mengukus dengan tutupnya setelah Anda mengangkatnya dari api.

Bacalah Artikel Yang Berkualitas dan Menarik Resep Cara Membuat Mie Goreng Di Rumah

Continue Reading

How to ?

Resep Cara Membuat Mie Goreng Di Rumah

Published

on

By

Resep Cara Membuat Mie Goreng Di Rumah

Mie goreng ini disajikan dengan sayuran berwarna-warni dan dilapisi dengan saus yang gurih. Pilihan makanan cepat dan mudah yang dapat disesuaikan dengan berbagai cara. Yang terbaik dari semuanya, tumis mie ini bisa disajikan di atas meja hanya dalam 20 menit!

Saya suka membuat hidangan gaya Asia saya sendiri di rumah termasuk pangsit krim keju, ayam asam manis dan mie goreng pan yang lezat dan serbaguna ini. Setiap kali saya mengunjungi restoran makanan Cina lokal saya, saya mendapati diri saya memesan hidangan mie. Mie goreng ini adalah salah satu favorit saya, dan sangat mudah dibuat di rumah! Yang Anda butuhkan hanyalah mie segar, bermacam-macam sayuran, dan beberapa bahan untuk membuat saus.

BAGAIMANA ANDA MEMBUAT MIE GORENG PAN?

Resep Cara Membuat Mie Goreng Di Rumah

Anda bisa membuat mie goreng yang enak dengan memasak wortel parut dan bawang putih dalam wajan bersama dengan daun bawang dan bawang putih. Langkah selanjutnya adalah menambahkan mie ke dalam wajan, dan masak dengan sedikit minyak sampai berwarna kecoklatan dan renyah. Setelah itu, yang harus Anda lakukan hanyalah membuat saus dengan cara mengaduk kecap, saus hoisin, minyak wijen, dan tepung maizena. Campurkan saus, mie, dan sayuran di dalam wajan dan hidangan siap disajikan.

TIPS UNTUK MEMASAK

  • Hemat waktu dan kerepotan dengan menggunakan mie dingin yang sudah dimasak dan tidak perlu direbus. Sebagian besar toko grosir menjual mi gaya Asia di bagian produk hasil bumi yang didinginkan. Jika Anda memiliki supermarket Asia yang tersedia, Anda akan memiliki akses ke berbagai macam mie.
  • Saya menggunakan sekantong wortel yang sudah diparut untuk menghemat waktu persiapan.
  • Sausnya bisa dicampur satu hari sebelum Anda membuat mi. Kocok saus dengan cepat sebelum Anda menambahkannya ke dalam wajan.?

Saya suka menggunakan mi tipis untuk tumis, misal mi jepang seperti yakisoba atau mi telor cina tipis seperti mi hong kong atau mi chow mein. Anda ingin mi tipis dengan rasa lembut yang cocok dengan sayuran dan menyerap rasa saus. Mie tipis mudah digiling dalam wajan untuk memberi tekstur yang enak pada hidangan Anda. Mie yakisoba biasanya ditemukan di sebagian besar toko grosir besar dan harus mudah ditemukan untuk resep ini. Anda juga bisa menggunakan mie yang lebih kental jika mau, seperti mie Shanghai. Tidak dapat menemukan mie segar? Carilah mi kering sebagai gantinya, dan masak mi sebelum melanjutkan dengan petunjuk resep.

Baca Juga Artikel Yang Menarik Yaitu Destinasi Wisata di Pakistan Yang Sangat Terkenal

Continue Reading

Trending