Connect with us

Kuliner

Ini Dia Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Published

on

Ini Dia Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Bagi kamu yang pernah mendengar Nasi Kapau mungkin terpikir oleh mu kalau Nasi Kapau dan Nasi Padang itu sama. Tapi jangan salah dulu kalau Nasi Kapau dan Nasi Padang itu beda lho. Walaupun sama-sama asli Ranah Minang, terdapat perbedaan mendasar antara Nasi Kapau dan Nasi Padang.

Penasaran bukan? untuk menjawab rasa penasaran mu kamu bisa mencoba mencicipi nya terlebih dahulu untuk mengetahui letak perbedaaan keduanya. Di masa kini rumah makan Padang di Indonesia sudah banyak tersebar di seantero Nusantara, mulai dari kota-kota besar maupun daerah-daerah terpencil. Bahkan orang yang tak asli berdarah Minang pun juga banyak membuka rumah makan Padang, karena banyaknya peminatnya. Namun diantara rumah makan Minang ada yang menyuguhkan Nasi Padang ada pula yang menyuguhkan Nasi Kapau.

“Nasi kapau dengan nasi padang itu bedanya ialah penjual nya. Nasi kapau itu dijual oleh orang asli Nagari Kapau,” ujar Nusyirwan Effendi, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas seperti yang telah di kutip dari KompasTravel.

Ini Dia Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Antropolog jebolan Bielefeld University itu menyatakan, Kapau merupakan nama nagari (desa) yang berlokasi di Kabupaten Agam. Penduduk nagari Kapau menyebut “warteg” ini sebagai “kapau”. Perbedaan lainnya terletak dari sisi menu.

Nusyirwan menuturkan, menu di rumah makan padang dipajang di etalase. Lain halnya dengan nasi kapau. “Di menu nasi kapau dipajang dan di hidangkan di atas meja, posisinya lebih rendah dari si penjual. Di nasi padang etalasenya lebih tinggi,” tambah nya.

Oleh sebab itu, wisatawan yang mau mencicipi nasi padang dapat seketika memilih menu dari etalase kaca tersebut. Lain halnya dengan nasi kapau, kita mesti masuk dulu ke restorannya untuk memilih menu yang kamu inginkan.

Ini Dia Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Soal rasa, apakah mempunyai perbedaan antara nasi padang dan nasi kapau? Nusyirwan mengatakan, ada satu hidangan yang punya cita rasa berbeda. Gulai Kapau itu hidangannya berbahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang.

Kuah gulainya memiliki warna kuning, dan mempunyai cita rasa sedikit asam. Begitu otentik, ungkap Nusyirwan. Gulai Kapau disantap bersama satu lauk. Kamu tinggal pilih apakah olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau lainnya yaitu rendang ayam.

Rendang adalah Metode Memasak

Ini Dia Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Hal itu dibetulkan ahli spesialis masakan Minang sekalian penulis buku “Rendang Traveler: Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang”, Reno Andam Suri. “Rendang itu metode memasak, bukan makanan. Setiap tempat di Sumbar punya rendang khas masing-masing. Kapau contohnya, yang khas yaitu rendang ayam, ” tutur Uni Reno seperti yang dikutip di KompasTravel. Menu khas lainnya, sekalian unggulan nasi kapau ialah gulai tambunsu.

Ini adalah hidangan berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telor dan tahu. Apabila Kamu tinggal di Jakarta, cobalah datangi deretan gerai nasi kapau di Jalan Kramat Raya, pas di bawah flyover. Pada bulan Ramadan, mayoritas gerai nasi kapau telah buka semenjak pukul 15.00 WIB sampai dini hari keesokan harinya. Cobalah berbuka puasa, atau makan sahur di salah satu gerainya. Dapatkan perbedaan menu, rasa, dan tampilan nasi kapau dengan nasi padang pada biasanya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner

Kuliner Di Daerah Semarang Yang Tenar Dan Enak

Semarang yakni salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang mempunyai beragam jenis masakan yang khas.

Published

on

By

back

Semarang yakni salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang mempunyai beragam jenis masakan yang khas. Wisata masakan Semarang, Jawa Tengah juga termasuk komponen makanan yang mungkin tak dapat ditemukan di kota lain, walaupun ada, tetapi olahan rasanya pasti berbeda dari masakan Semarang.

1.Loempia Gang Lombok

risol

Masakan tradisional Semarang ini, pastinya termasuk dalam daftar teratas buat kalian yang ingin pergi meluncur ke sana. Lumpia dan Kota Semarang bagaikan berteman karib dan takkan terpisahkan, malah Semarang kerap kali disebut dengan istilah Kota Lumpia.Loenpia Gang Lombok ini termasuk gerai tertua yang memasarkan lumpia di Semarang. Di daerah ini, lumpia dibagi dalam 2 macam,  yakni lumpia basah dan lumpia goreng.

 

2.Soto Bangkong

soto

Soto Bangkong yakni soto ayam kampung khas Semarang. Nama toko makan ini terinpirasi dari perempatan jalan daerah toko soto ini berada. Konon infonya, perempatan ini dahulu banyak katak sehingga banyak pelanggan yang menyebut ini Soto Bangkong (katak dalam bahasa Jawa).Di toko soto ini, rasa soto mempunyai rasa orisinil dari kecap, yang cuma diproduksi oleh si pemilik toko. Kecuali, penggunaan daging ayam kampung proses soto kian terasa gurih dan nikmat.

 

3.Nasi Gandul Pak Memet

nasigemul

Nasi Gandul sendiri sebetulnya yaitu masakan khas Pati, Jawa Tengah, tetapi terbukti Nasi Gandul ini banyak tersedia di Semarang dan yang paling familiar yaitu Nasi Gandul Pak Memet.Olahan nasi hangat yang dimakan dengan lauk (daging sapi dan jeroan sapi) dan kuah santan khas nya ini, diperkenalkan dengan memakai daun pisang sebagai alasnya. Kecuali menambah harum, pemakaian daun pisang menjadi ciri khas nasi gandul ini loh.

 

4.Es Puter Cong Lik

es

Ingin masakan Semarang murah? Cobalah seporsi es puter Cong Lik ini. kalian pilih beragam varian rasa, seperti cokelat, alpukat, duren, dan kelapa. Apabila memasuki puasa tersedia juga rasa lainnya seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah sampai leci.Es puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang mana terbuat dari bahan santan sebagai substitusi susu. Salah satu masakan legendaris ini bertekstur agak kasar dengan perpaduan sensasi manis dan asin

 

5.Tahu Gimbal Pak Eddy

Tahtahuu gimbal ialah makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Asal mula kata ‘gimbal’ berasal dari sebutan ‘udang’ bagi orang Semarang. Seporsi tahu gimbal nan lezat ini dapat kalian pesan dengan tingkat kepedesan yang berbeda.

Adonan bakwan yang dicampur dengan udang lalu tahu goreng dan bakwan itu dipotong kecil-kecil dan disiram dengan saus kacang beserta irisan kol, lontong, telor,dan kubis untuk menambah kenikmatan. Jadilah seporsi tahu gimbal yang siap disantap.

Continue Reading

Kuliner

Lontong Sayur – Kue Beras dengan Rebusan Sayuran dalam Santan

Published

on

By

Banyak masakan Indonesia yang dibuat untuk dikonsumsi dengan ketupat atau lontong (alias kue beras) dan lontong sayur mungkin salah satu yang paling populer. Lontong sayur merupakan hidangan yang cukup serbaguna, ada yang menganggapnya sebagai menu sarapan, ada pula yang menganggap snack, hidangan utama, bahkan muncul di acara-acara meriah seperti resepsi pernikahan. Ini juga merupakan hidangan yang sangat mudah dibuat dalam jumlah besar, karena rasanya enak bahkan setelah beberapa hari di lemari es. Bagi mereka yang sibuk dan tidak bisa memasak setiap hari, menyimpan ini di lemari es bersama dengan ketupat buatan sendiri akan memastikan makanan tetap enak di saat kamu malas memasak.

Bahan Lontong Sayur

  • 3 sendok makan minyak
  • 2 lembar daun salam
  • 500 gram daging sapi, pilih potongan untuk rebusan, potong-potong kecil
  • Labu siam, kupas, buang bijinya, dan iris
  • 500 gram kacang panjang, potong 1 inci perbagian
  • 20 petai, (opsional)
  • 2 liter santan encer (atau gunakan 7 gelas air + 1 kaleng santan)
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 2 sendok makan kelapa gula jawa, tambahkan garam secukupnya

Giling yang berikut ini menjadi bumbu :

  • 100 gram bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 30 gram udang kering atau (ebi), direndam dalam air mendidih untuk melarutkan
  • 2 inci lengkuas
  • Sajikan dengan
  • kue beras Indonesia (ketupat / lontong)

Instruksi

  • Panaskan minyak dalam panci dan tumis rempah-rempah kemudian masukan daun salam hingga harum.
  • Tambahkan daging sapi dan masak hingga tidak berwarna merah muda lagi.
  • Tambahkan labu siam, kacang panjang, dan petai. Masak hingga sayuran mulai layu.
  • Tambahkan santan, kecap ikan, dan gula aren. Didihkan. Kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Anda bisa     menambahkan lebih banyak air mendidih jika cairannya berkurang, usahakan agar cairannya tetap 2 liter.
  • Tambahkan gula aren dan garam sesuai selera Anda. Matikan panas. Pindahkan ke mangkuk saji, dan sajikan dengan kue beras (bahasa Indonesia: ketupat / lontong).

Continue Reading

Kuliner

Karedok (Makanan Indonesia dari Jawa Barat)

Karedok atau keredok adalah makanan khas lokal di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan berupa lalapan, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, kemangi, dan terong.

Published

on

Karedok atau keredok adalah makanan khas lokal di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan berupa lalapan, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, kemangi, dan terong. Sedangkan sambalnya adalah sambal kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam jawa, gula pasir, garam, dan terasi.

Masakan ini sangat unik karena semua sayuran dalam keadaan segar, tanpa melalui proses olahan. Proses nya membuat nutrisi dan seratnya sangat banyak.

Awal nama Karedok, karena hidangan ini berasal dari desa karedok konon berasal dari sebuah desa yang terletak di seberang sungai cimanuk. Daerah ini dulunya merupakan daerah larangan atau negara Sumedang Mayeuti (sebutan orang pada saat itu).

Cara Membuat

 Resep bahan Karedok:

  1. Kacang muda 100 gram, potong menjadi 1/2 cm
  2. 2 lembar daun kol, buang tulang daunnya, iris tipis
  3. 100 gram tauge
  4. 100 gram terong bulat, belah 4-8
  5. 100 gram ubi , potong 1/2 cm
  6. 100 gram ketimun, potong-potong 1/2 cm
  7. Daun kemangi 25 gram
  8. Keripik goreng 50 gram

Resep bumbu Kacang halus Karedok:

  1. 200 gram kacang tanah goreng
  2. 5 buah cabai rawit / secukupnya
  3. 2 buah cabai merah
  4. 2 sendok teh kencur cincang
  5. 1/2 sendok teh terasi
  6. 1-2 sendok makan cuka
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sendok makan gula merah
  9. 150 ml air matang

Cara Membuat Karedok:

  1. Campur semua bahan lalapan dengan bumbu kacang, aduk rata.
  2. Sajikan dengan taburan keripik goreng.

Continue Reading

Trending