Connect with us

Kuliner

5 Wisata masakan Jogja yang sedap, murah, dan tenar

Tak lengkap rasanya bila berkunjung Jogja tanpa menikmati sedapnya kuliner khas Jogja. Jika kamu berkunjung ke Jogja…

Published

on

5 Wisata masakan Jogja yang sedap, murah, dan tenar

Tak lengkap rasanya bila berkunjung Jogja tanpa menikmati sedapnya kuliner khas Jogja. Jika kamu berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk mampir ke salah satu tempat Wisata Kuliner Kekinian yang sajikan dibawah ini.

1.Oseng-oseng Mercon Bu Narti.

mercon

Bagi kau yang menyukai makanan dengan rasa yang pedas tetapi nagih, oseng-oseng ini sesuai banget untuk dicoba. Diperhatikan dari namanya aja udah kebayang kan, rasanya gimana?

Oseng-oseng Bu Narti ini telah tenar di Jogja dan telah memiliki banyak pelanggan, sebab rasanya yang sedap dan harganya yang murah membikin tempat makan Bu Narti ini senantiasa ramai pembeli. Oseng-oseng ini berisikan gajih, tulang, kulit dan cabe rawit yang membikin oseng-oseng ini pedasnya dapat bikin sampe kalian keringetan.

Tempat makan ini bertempat di tempat Ngampilan dan buka mulai pukul 18.00 hingga 00.00 WIB. Tapi bila sedang ramai, pukul 21.00 saja telah habis. Jadi, buat kalian yang ingin mencicipi oseng-oseng ini datang lebih permulaan ya. Untuk harganya cukup relatif murah ialah mulai dari Rp 15.000 saja.

 

2.Mie Ayam Bu Tumini.

mie ayam

Bagi kalian pecinta mie ayam, ini ialah salah satu mie ayam terenak di Yogyakarta. Mie ayam ini berada di tempat Umbulharjo. Jam operasional buka tiap hari mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. Selain rasanya yang sedap untuk harganya juga masih benar-benar murah mulai dari Rp 8.000 saja.

 

 

 

 

3.Nasi Rames Pak Dul.

nasi rames

Kecuali nasi gudeg dan nasi pecel, di Jogja juga ada nasi rames yang tenar ialah nasi rames Pak Dul yang bertempat di Jalan Affandi No 5B, Gondokusuman. Tempat makam ini buk tiap hari mulai pukul 22.00 sampai 04.00 WIB. Untuk satu porsi nasi rames cuma Rp 13.000 saja.

 

 

 

 

4.Jenang 13 Rasa.

jenang

Jajanan tradisional sekarang telah mulai susah dijumpai, tapi bila kalian ke Jogja, masih banyak orang yang berjualan jajanan tradisional. Salah satu jajanan tradisional yang tenar di Jogja ialah Jenang 13 Rasa.

Jenang ini berada di tempat Sleman, tepatnya di zona Lapangan Pemda Sleman. Untuk harganya cukup murah yaitu dengan Rp 8.000, kalian telah dapatmenerima jenang dengan lima varian. Jenang 13 Rasa ini buka mulai pukul 07.00 samapai habis.

 

 

5.Pecel Senggol.

pecel

Masih di wilayah Malioboro, tepatnya di depan pintu masuk Pasar Beringharjo, kalian akan menjumpai banyak penjual makanan. Salah satunya ialah penjual pecel.

Pecel yang berada di Pasar Beringharjo ini juga berbeda dari pecel lainnya. Hal itu sebab opsi sayurannya yang banyak dan lebih bervariasi isinya.

Buat kalian yang menyukai sayuran, pecel ini harus kalian coba ya. Kecuali rasanya yang sedap, suasana bila kalian makan di sana juga cukup menarik sebab dikerumuni oleh banyak orang. Untuk menerima pecel ini, kalian cukup menyediakan Rp 10.000 saja.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner

Kuliner Di Daerah Semarang Yang Tenar Dan Enak

Semarang yakni salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang mempunyai beragam jenis masakan yang khas.

Published

on

By

back

Semarang yakni salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang mempunyai beragam jenis masakan yang khas. Wisata masakan Semarang, Jawa Tengah juga termasuk komponen makanan yang mungkin tak dapat ditemukan di kota lain, walaupun ada, tetapi olahan rasanya pasti berbeda dari masakan Semarang.

1.Loempia Gang Lombok

risol

Masakan tradisional Semarang ini, pastinya termasuk dalam daftar teratas buat kalian yang ingin pergi meluncur ke sana. Lumpia dan Kota Semarang bagaikan berteman karib dan takkan terpisahkan, malah Semarang kerap kali disebut dengan istilah Kota Lumpia.Loenpia Gang Lombok ini termasuk gerai tertua yang memasarkan lumpia di Semarang. Di daerah ini, lumpia dibagi dalam 2 macam,  yakni lumpia basah dan lumpia goreng.

 

2.Soto Bangkong

soto

Soto Bangkong yakni soto ayam kampung khas Semarang. Nama toko makan ini terinpirasi dari perempatan jalan daerah toko soto ini berada. Konon infonya, perempatan ini dahulu banyak katak sehingga banyak pelanggan yang menyebut ini Soto Bangkong (katak dalam bahasa Jawa).Di toko soto ini, rasa soto mempunyai rasa orisinil dari kecap, yang cuma diproduksi oleh si pemilik toko. Kecuali, penggunaan daging ayam kampung proses soto kian terasa gurih dan nikmat.

 

3.Nasi Gandul Pak Memet

nasigemul

Nasi Gandul sendiri sebetulnya yaitu masakan khas Pati, Jawa Tengah, tetapi terbukti Nasi Gandul ini banyak tersedia di Semarang dan yang paling familiar yaitu Nasi Gandul Pak Memet.Olahan nasi hangat yang dimakan dengan lauk (daging sapi dan jeroan sapi) dan kuah santan khas nya ini, diperkenalkan dengan memakai daun pisang sebagai alasnya. Kecuali menambah harum, pemakaian daun pisang menjadi ciri khas nasi gandul ini loh.

 

4.Es Puter Cong Lik

es

Ingin masakan Semarang murah? Cobalah seporsi es puter Cong Lik ini. kalian pilih beragam varian rasa, seperti cokelat, alpukat, duren, dan kelapa. Apabila memasuki puasa tersedia juga rasa lainnya seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah sampai leci.Es puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang mana terbuat dari bahan santan sebagai substitusi susu. Salah satu masakan legendaris ini bertekstur agak kasar dengan perpaduan sensasi manis dan asin

 

5.Tahu Gimbal Pak Eddy

Tahtahuu gimbal ialah makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Asal mula kata ‘gimbal’ berasal dari sebutan ‘udang’ bagi orang Semarang. Seporsi tahu gimbal nan lezat ini dapat kalian pesan dengan tingkat kepedesan yang berbeda.

Adonan bakwan yang dicampur dengan udang lalu tahu goreng dan bakwan itu dipotong kecil-kecil dan disiram dengan saus kacang beserta irisan kol, lontong, telor,dan kubis untuk menambah kenikmatan. Jadilah seporsi tahu gimbal yang siap disantap.

Continue Reading

Kuliner

Lontong Sayur – Kue Beras dengan Rebusan Sayuran dalam Santan

Published

on

By

Banyak masakan Indonesia yang dibuat untuk dikonsumsi dengan ketupat atau lontong (alias kue beras) dan lontong sayur mungkin salah satu yang paling populer. Lontong sayur merupakan hidangan yang cukup serbaguna, ada yang menganggapnya sebagai menu sarapan, ada pula yang menganggap snack, hidangan utama, bahkan muncul di acara-acara meriah seperti resepsi pernikahan. Ini juga merupakan hidangan yang sangat mudah dibuat dalam jumlah besar, karena rasanya enak bahkan setelah beberapa hari di lemari es. Bagi mereka yang sibuk dan tidak bisa memasak setiap hari, menyimpan ini di lemari es bersama dengan ketupat buatan sendiri akan memastikan makanan tetap enak di saat kamu malas memasak.

Bahan Lontong Sayur

  • 3 sendok makan minyak
  • 2 lembar daun salam
  • 500 gram daging sapi, pilih potongan untuk rebusan, potong-potong kecil
  • Labu siam, kupas, buang bijinya, dan iris
  • 500 gram kacang panjang, potong 1 inci perbagian
  • 20 petai, (opsional)
  • 2 liter santan encer (atau gunakan 7 gelas air + 1 kaleng santan)
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 2 sendok makan kelapa gula jawa, tambahkan garam secukupnya

Giling yang berikut ini menjadi bumbu :

  • 100 gram bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 30 gram udang kering atau (ebi), direndam dalam air mendidih untuk melarutkan
  • 2 inci lengkuas
  • Sajikan dengan
  • kue beras Indonesia (ketupat / lontong)

Instruksi

  • Panaskan minyak dalam panci dan tumis rempah-rempah kemudian masukan daun salam hingga harum.
  • Tambahkan daging sapi dan masak hingga tidak berwarna merah muda lagi.
  • Tambahkan labu siam, kacang panjang, dan petai. Masak hingga sayuran mulai layu.
  • Tambahkan santan, kecap ikan, dan gula aren. Didihkan. Kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Anda bisa     menambahkan lebih banyak air mendidih jika cairannya berkurang, usahakan agar cairannya tetap 2 liter.
  • Tambahkan gula aren dan garam sesuai selera Anda. Matikan panas. Pindahkan ke mangkuk saji, dan sajikan dengan kue beras (bahasa Indonesia: ketupat / lontong).

Continue Reading

Kuliner

Karedok (Makanan Indonesia dari Jawa Barat)

Karedok atau keredok adalah makanan khas lokal di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan berupa lalapan, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, kemangi, dan terong.

Published

on

Karedok atau keredok adalah makanan khas lokal di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan berupa lalapan, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, kemangi, dan terong. Sedangkan sambalnya adalah sambal kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam jawa, gula pasir, garam, dan terasi.

Masakan ini sangat unik karena semua sayuran dalam keadaan segar, tanpa melalui proses olahan. Proses nya membuat nutrisi dan seratnya sangat banyak.

Awal nama Karedok, karena hidangan ini berasal dari desa karedok konon berasal dari sebuah desa yang terletak di seberang sungai cimanuk. Daerah ini dulunya merupakan daerah larangan atau negara Sumedang Mayeuti (sebutan orang pada saat itu).

Cara Membuat

 Resep bahan Karedok:

  1. Kacang muda 100 gram, potong menjadi 1/2 cm
  2. 2 lembar daun kol, buang tulang daunnya, iris tipis
  3. 100 gram tauge
  4. 100 gram terong bulat, belah 4-8
  5. 100 gram ubi , potong 1/2 cm
  6. 100 gram ketimun, potong-potong 1/2 cm
  7. Daun kemangi 25 gram
  8. Keripik goreng 50 gram

Resep bumbu Kacang halus Karedok:

  1. 200 gram kacang tanah goreng
  2. 5 buah cabai rawit / secukupnya
  3. 2 buah cabai merah
  4. 2 sendok teh kencur cincang
  5. 1/2 sendok teh terasi
  6. 1-2 sendok makan cuka
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sendok makan gula merah
  9. 150 ml air matang

Cara Membuat Karedok:

  1. Campur semua bahan lalapan dengan bumbu kacang, aduk rata.
  2. Sajikan dengan taburan keripik goreng.

Continue Reading

Trending