Connect with us

Kuliner

Sejarah Roti Unyil Venus, Bisnis Roti Ternama Asal Bogor

Published

on

Sejarah Roti Unyil Venus, Bisnis Roti Ternama Asal Bogor

Roti unyil Venus adalah roti khas asal Bogor. Apabila kamu bertamasya atau hanya sekedar berkunjung ke Bogor untuk urusan lain, rasanya tak akan komplit tanpa mengunjun roti ini. Namanya roti unyil sebab memang ukurannya yang kecil, yang dapat sekali dimakan dengan satu lahapan.

Ukurannya yang kecil ini menjadi ciri khasnya semenjak lama sehingga kamu bahkan tak akan melupakannya digigitan pertama. Roti ini telah melegenda semenjak tahun 90-an. Dikatakan sebagai penggagas roti berukuran mini yang kini diproduksi juga oleh produsen roti lainnya di Indonesia.

Awal Mula Roti Unyil Venus Berdiri

Roti unyil Venus pertama kali berdiri pada tahun 1992. Digagas oleh kakak-beradik bernama Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra. Pada ketika itu mereka mengalami musibah sebab kedua orang tua mereka meninggal, meninggalkan enam orang anak yang sebetulnya masih memerlukan kasih sayang kedua orangtua nya.

Tetapi Herliyanti yang kala itu masih SMA, tak menyerah begitu saja, dia berupaya mencari cara supaya menerima pemasukan untuk keperluan mereka sehari-hari.

Lalu, Hendra, adik dari Herliyanti bahkan ikut serta menolong kakaknya. Dia yang pertama kali mengusulkan supaya mereka memasarkan roti. Karena dia pernah mengikuti kursus membikin roti dan ini merupakan waktu yang pas untuk mempraktikannya. Hendra bahkan membikin roti dengan resep sendiri.

Roti yang pada mulanya berukuran standar dan mempunyai sepuluh rasa yang berbeda-beda. Lalu kemudian dia kepikiran untuk mengecilkan ukuran rotinya sebab roti-rotinya banyak dimakan oleh anak-anak. Itu semua dilakukan supaya anak-anak lebih gampang memakannya. Pada kala itu belum ada roti yang berukuran kecil.

Pada akhirnya Hendra merubah ukuran rotinya jadi lebih kecil, dan benar saja roti unyil Venus yang dibuatnya itu makin laku keras. Tak hanya anak-anak saja, bahkan roti juga disukai oleh orang dewasa. Di tahun 90-an kala itu belum ada yang namanya dunia online, tetapi roti unyil Venus sangat dikenal banyak orang sebab banyak orang yang menyukai rasanya.

Melalu dari mulut ke mulut membuat roti unyil Venus yang berjualan di Jl. Sukasari, Bogor, laku keras. Toko roti ini pun selalu ramai dikunjungi pengunjung, apalagi saat akhir pekan tiba. Banyak orang berdatangan terlebih dari Jakarta yang membeli roti itu. Saat tak ingin kamu mesti mengantre dengan tabah sebab jumlah pengunjung yang membludak.

Menjaga Cita Rasa yang Kuat
Roti unyil Venus mengandalkan pada cita rasanya yang kuat. Hanya memakannya kamu akan seketika ingat bahwa ini roti unyil khas Bogor yang familiar itu. Karenanya hingga saat ini resepnya belum ada yang dapat menirunya dengan bagus.

Roti hanya dapat bertahan selama tiga hari sebab roti ini tak memakai pengawet jadi baik untuk kesehatan. Saat kamu membelinya, kamu mesti langsung memakannya, dan kamu pasti tak akan keberatan menghabiskan roti ini saat itu juga. Inilah yang menjadi point of interest dari roti unyil Venus. Apalagi masyarakat juga sebetulnya telah mulai dapat memilih mana makanan yang lebih sehat dan mana yang bukan.

Roti ini memakai bahan-bahan premium sehingga rasanya amat lezat. Bagian isi roti juga diisi bahan yang sehat yang tak akan membuatmu merasa mual sebab sekali lagi roti ini tak memakai bahan pengawet. Hingga saat ini roti ini dipasarkan Rp1.600 per roti, dan berlaku untuk seluruh rasa. Rasanya bahkan bermacam-macam jenis. Ada 25 rasa roti yang dapat kamu pilih sesukanya.

Membuka Cabang di Kota Lain
Hingga saat ini roti unyil Venus telah menjadi kuliner andalan asal Bogor, tapi kamu tak usah khawatir untuk yang tidak tinggal di kota Bogor karena saat ini Roti Unyil Venus juga membuka cabang dikota lain selain di toko pusat nya yang terletak di jalan raya Pajajaran nomor 1, RT.03 RW.01, Sukasari, Bogor Timur, Jawa Barat.

Berikut kami cantumkan beberapa gerai lain Roti Unyil Venus:

Siliwangi Bogor
Alamat : Jln.Siliwangi No.27E, RT.02 RW.02, Sukasari, Bogor City, West Java
Maps: Klik Disini
Alamat: Jln.Siliwangi No.27E, RT.02 RW.02, Sukasari, Bogor City, West Java
No.Telp/HP: (0251) 8322 694
Jam Buka: 06.00-20.00
Harga: Rp.48.000/box

Yasmin
Alamat: Jln.Ringroad Taman Yasmin, RT.05 RW.04, Cibadak, Lembah Anai, Bogor, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No.Telp/HP: 0878 8120 0707
Jam Buka: 07.00-19.00
Harga: Rp.1.5000/biji

Bina Marga
Alamat: Jln.Bina Marga I No.1A, Baranangsiang, Bogor City, West Java
Map: Klik Disini
No.Telp/HP: 0813 8139 7539
Jam Buka: 06.00-17.00
Harga: Rp.1.500/biji

Pemda
Alamat: Jln.Raya Jakarta-Bogor KM.46, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No.Telp/HP: 0812 8768 4464
Jam Buka: 07.30-17.00
Harga: Rp.1.500/biji

Rawamangun, Jakarta
Alamat: Jln.Pemuda Raya No.3A, RT.10 RW.03, Rawamangun, Pulo Gadung, East Jakarta
Map: Klik Disini
No.Telp/HP: 0858 8560 6603
Jam Buka: 09.00-19.30
Harga: Rp.48.000/kotak

Depok
Alamat: Jln.Margonda Raya No.328, Pondok Cina, Kemiri Muka, Kec.Beji, Depok, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No.Telp/HP: 0818 0749 4851
Jam Buka: 06.00-22.00
Harga: Rp.1.500/biji

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner

Kuliner Di Daerah Semarang Yang Tenar Dan Enak

Semarang yakni salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang mempunyai beragam jenis masakan yang khas.

Published

on

By

back

Semarang yakni salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang mempunyai beragam jenis masakan yang khas. Wisata masakan Semarang, Jawa Tengah juga termasuk komponen makanan yang mungkin tak dapat ditemukan di kota lain, walaupun ada, tetapi olahan rasanya pasti berbeda dari masakan Semarang.

1.Loempia Gang Lombok

risol

Masakan tradisional Semarang ini, pastinya termasuk dalam daftar teratas buat kalian yang ingin pergi meluncur ke sana. Lumpia dan Kota Semarang bagaikan berteman karib dan takkan terpisahkan, malah Semarang kerap kali disebut dengan istilah Kota Lumpia.Loenpia Gang Lombok ini termasuk gerai tertua yang memasarkan lumpia di Semarang. Di daerah ini, lumpia dibagi dalam 2 macam,  yakni lumpia basah dan lumpia goreng.

 

2.Soto Bangkong

soto

Soto Bangkong yakni soto ayam kampung khas Semarang. Nama toko makan ini terinpirasi dari perempatan jalan daerah toko soto ini berada. Konon infonya, perempatan ini dahulu banyak katak sehingga banyak pelanggan yang menyebut ini Soto Bangkong (katak dalam bahasa Jawa).Di toko soto ini, rasa soto mempunyai rasa orisinil dari kecap, yang cuma diproduksi oleh si pemilik toko. Kecuali, penggunaan daging ayam kampung proses soto kian terasa gurih dan nikmat.

 

3.Nasi Gandul Pak Memet

nasigemul

Nasi Gandul sendiri sebetulnya yaitu masakan khas Pati, Jawa Tengah, tetapi terbukti Nasi Gandul ini banyak tersedia di Semarang dan yang paling familiar yaitu Nasi Gandul Pak Memet.Olahan nasi hangat yang dimakan dengan lauk (daging sapi dan jeroan sapi) dan kuah santan khas nya ini, diperkenalkan dengan memakai daun pisang sebagai alasnya. Kecuali menambah harum, pemakaian daun pisang menjadi ciri khas nasi gandul ini loh.

 

4.Es Puter Cong Lik

es

Ingin masakan Semarang murah? Cobalah seporsi es puter Cong Lik ini. kalian pilih beragam varian rasa, seperti cokelat, alpukat, duren, dan kelapa. Apabila memasuki puasa tersedia juga rasa lainnya seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah sampai leci.Es puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang mana terbuat dari bahan santan sebagai substitusi susu. Salah satu masakan legendaris ini bertekstur agak kasar dengan perpaduan sensasi manis dan asin

 

5.Tahu Gimbal Pak Eddy

Tahtahuu gimbal ialah makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Asal mula kata ‘gimbal’ berasal dari sebutan ‘udang’ bagi orang Semarang. Seporsi tahu gimbal nan lezat ini dapat kalian pesan dengan tingkat kepedesan yang berbeda.

Adonan bakwan yang dicampur dengan udang lalu tahu goreng dan bakwan itu dipotong kecil-kecil dan disiram dengan saus kacang beserta irisan kol, lontong, telor,dan kubis untuk menambah kenikmatan. Jadilah seporsi tahu gimbal yang siap disantap.

Continue Reading

Kuliner

Lontong Sayur – Kue Beras dengan Rebusan Sayuran dalam Santan

Published

on

By

Banyak masakan Indonesia yang dibuat untuk dikonsumsi dengan ketupat atau lontong (alias kue beras) dan lontong sayur mungkin salah satu yang paling populer. Lontong sayur merupakan hidangan yang cukup serbaguna, ada yang menganggapnya sebagai menu sarapan, ada pula yang menganggap snack, hidangan utama, bahkan muncul di acara-acara meriah seperti resepsi pernikahan. Ini juga merupakan hidangan yang sangat mudah dibuat dalam jumlah besar, karena rasanya enak bahkan setelah beberapa hari di lemari es. Bagi mereka yang sibuk dan tidak bisa memasak setiap hari, menyimpan ini di lemari es bersama dengan ketupat buatan sendiri akan memastikan makanan tetap enak di saat kamu malas memasak.

Bahan Lontong Sayur

  • 3 sendok makan minyak
  • 2 lembar daun salam
  • 500 gram daging sapi, pilih potongan untuk rebusan, potong-potong kecil
  • Labu siam, kupas, buang bijinya, dan iris
  • 500 gram kacang panjang, potong 1 inci perbagian
  • 20 petai, (opsional)
  • 2 liter santan encer (atau gunakan 7 gelas air + 1 kaleng santan)
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 2 sendok makan kelapa gula jawa, tambahkan garam secukupnya

Giling yang berikut ini menjadi bumbu :

  • 100 gram bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 30 gram udang kering atau (ebi), direndam dalam air mendidih untuk melarutkan
  • 2 inci lengkuas
  • Sajikan dengan
  • kue beras Indonesia (ketupat / lontong)

Instruksi

  • Panaskan minyak dalam panci dan tumis rempah-rempah kemudian masukan daun salam hingga harum.
  • Tambahkan daging sapi dan masak hingga tidak berwarna merah muda lagi.
  • Tambahkan labu siam, kacang panjang, dan petai. Masak hingga sayuran mulai layu.
  • Tambahkan santan, kecap ikan, dan gula aren. Didihkan. Kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Anda bisa     menambahkan lebih banyak air mendidih jika cairannya berkurang, usahakan agar cairannya tetap 2 liter.
  • Tambahkan gula aren dan garam sesuai selera Anda. Matikan panas. Pindahkan ke mangkuk saji, dan sajikan dengan kue beras (bahasa Indonesia: ketupat / lontong).

Continue Reading

Kuliner

Karedok (Makanan Indonesia dari Jawa Barat)

Karedok atau keredok adalah makanan khas lokal di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan berupa lalapan, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, kemangi, dan terong.

Published

on

Karedok atau keredok adalah makanan khas lokal di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan berupa lalapan, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, kemangi, dan terong. Sedangkan sambalnya adalah sambal kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam jawa, gula pasir, garam, dan terasi.

Masakan ini sangat unik karena semua sayuran dalam keadaan segar, tanpa melalui proses olahan. Proses nya membuat nutrisi dan seratnya sangat banyak.

Awal nama Karedok, karena hidangan ini berasal dari desa karedok konon berasal dari sebuah desa yang terletak di seberang sungai cimanuk. Daerah ini dulunya merupakan daerah larangan atau negara Sumedang Mayeuti (sebutan orang pada saat itu).

Cara Membuat

 Resep bahan Karedok:

  1. Kacang muda 100 gram, potong menjadi 1/2 cm
  2. 2 lembar daun kol, buang tulang daunnya, iris tipis
  3. 100 gram tauge
  4. 100 gram terong bulat, belah 4-8
  5. 100 gram ubi , potong 1/2 cm
  6. 100 gram ketimun, potong-potong 1/2 cm
  7. Daun kemangi 25 gram
  8. Keripik goreng 50 gram

Resep bumbu Kacang halus Karedok:

  1. 200 gram kacang tanah goreng
  2. 5 buah cabai rawit / secukupnya
  3. 2 buah cabai merah
  4. 2 sendok teh kencur cincang
  5. 1/2 sendok teh terasi
  6. 1-2 sendok makan cuka
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sendok makan gula merah
  9. 150 ml air matang

Cara Membuat Karedok:

  1. Campur semua bahan lalapan dengan bumbu kacang, aduk rata.
  2. Sajikan dengan taburan keripik goreng.

Continue Reading

Trending